Ada yang pernah dengar kota Chester? Bukan Manchester ya, soalnya dulu setiap cerita bahwa saya tinggal di Chester, pasti komen pertama adalah “Oh! Manchester?” hahaha. Chester mungkin tidak seterkenal kota-kota lain di Inggris tetapi ternyata mendapat predikat Top 10 Best Cities in Britain berdasarkan survey salah satu media di Inggris.

Chester sendiri adalah sebuah kota yang berjarak 45 menit (dengan kereta) dari Liverpool dan memiliki kisah yang tidak kalah menarik dari kota lainnya. Saya dulu jaman kuliah sempat tinggal di Chester selama sekitar 4 tahun dan menghabiskan masa-masa yang sangat menyenangkan di kota ini.

Oh iya, a funfact! Chester adalah kota kelahiran & kampung halaman Michael Owen.

Kali ini saya ingin memperkenalkan beberapa hal yang bisa dilakukan dalam 1 hari di Chester City Centre.

7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Chester dalam 1 hari

1. Berjalan mengelilingi City Walls alias Tembok Kota

Chester city centre dikelilingi oleh tembok yang dibangun oleh Bangsa Romawi sekitar tahun 70 – 80 AD. Di masa itu, kota Chester merupakan salah satu markas pertahanan tentara Romawi dengan nama Deva Victrix atau Deva. Makanya jangan bingung kalau banyak sekali nama tempat di Chester dengan kata Deva atau Dewa. 

Tembok ini disebut sebagai tembok romawi yang paling terjaga di Inggris dibandingkan dengan “kota bertembok” lainnya. Walau sudah berumur ribuan tahun, namun tembok Chester tetap berdiri kokoh (tentunya dengan perawatan yang dilakukan secara berkala) dan masih digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dengan berjalan mengelilingi tembok, kita bisa lebih mengenal kota Chester beserta penginggalan Romawi yang kental. 

map
Chester Walls adalah jalur yang berwarna ungu.
chesterwall2

2. Mencari Peninggalan Romawi

Kota Chester sangat kental dengan peninggalan Romawi, selain Tembok Kota ada berbagai hal menarik yang bisa dilihat seperti :

  • Chester Roman Amphitheatre – Amphitheatre Romawi adalah bangunan terbuka tempat dilakukannya pertunjukan ataupun acara lainnya di jaman Romawi. Seperti contohnya Colosseum di Roma, Italia. Chester Roman Amphitheatre adalah yang terbesar yang ditemukan di Inggris (diperkirakan bisa menampung lebih dari 8000 penonton). Saat ini baru sebagian yang berhasil digali sedangkan sisanya masih terkubur dibawah bangunan modern yang ada di sekitarnya. 

 

  • Roman Gardens – taman ini berisi artefak dan peninggalan Romawi lainnya termasuk sistem penghangat jaman Romawi.

 

  • Roman Tour & Deva Experience Tour selain jalan sendiri, bisa juga ikut tur dengan guide “tentara romawi”. Ada 2 jenis tur yang bisa diikuti, silahkan dipilih. 

3. Bangunan Bergaya Tudor

Tidak hanya memiliki peninggalan jaman Romawi, Chester juga dipenuhi peninggalan jaman Medieval yang ditandai dengan banyaknya bangunan bergaya Tudor di tengah kota sekitar Watergate Street, Eastgate Street, Northgate Street, St. Werburgh Street dan Bridge Street Bangunan bergaya Tudor yang ada di Chester terdiri dari 2 jenis yaitu yang dibangun benar-benar di jaman Medieval (Abad 16an) dan yang baru dibangun di Abad 19an.
Bangunan yang ada di tengah kota kebanyakan berfungsi sebagai toko, cafe, restaurant. Jadi, kita bisa masuk untuk menikmati situasi di dalam gedung. Dulu jaman kuliah, saya paling sering ngopi di Costa Cafe yang berada di dalam WHSmith sambil mengerjakan tugas berjam-jam.

4. Bersantai di Chester's Rows

Bangunan yang berumur lebih dari 700 tahun ini memiliki bentuk yang unik yaitu berada di tingkat dua dari bangunan yang ada di bawahnya dan memiliki koridor yang menghubungkan beberapa toko dan restaurant yang ada. 

Asal muasal pembangunan Chester’s Rows masih menjadi perdebatan.

  • Teori 1 – Chester’s Row dibangun sedemikian rupa karena dibangun di atas reruntuhan peninggalan Romawi. 
  • Teori 2 – daerah itu sempat mengalami kebakaran besar sehingga semua bangunan diwajibkan untuk membuat undercroft untuk menghindari kebakaran.

5. Berfoto di Eastgate Clock sambil makan donat

Eastgate Clock ini katanya jam kedua di Inggris yang paling banyak difoto (nomor 1-nya adalah Big Ben). Terletak di tengah kota Chester dan berlokasi di pintu masuk kota Deva Victrix di jaman Romawi dan jam ini memiliki jalan yang tersambung dengan Chester Walls. 

Eastgate Clock
diti-eastgate
diti-eastgate2


Kalau berkesempatan kesini, jangan lewatkan warung kecil yang terletak di dekat tangga jam bernama Dinky Donuts. Warung ini menjual donat goreng yang enak dan murah (apalagi untuk kantong mahasiswa hahah). Kalau di jam-jam tertentu bisa antre panjang banget. 

Dinky Donuts

6. Mengunjungi Chester Cathedral

Bangunan ini berdiri kokoh di tengah kota Chester selama lebih dari 1000 tahun dan sudah melewati berbagai perubahan dan masa. Awalnya merupakan tempat pemujaan di jaman Saxon, beralih fungsi menjadi Gereja Katolik milik Biarawan Benedictine dan saat ini adalah Katedral dibawah Church of England.  

Selain sebagai Gereja pada umumnya, Chester Cathedral juga sering menjadi tempat diadakannya berbagai event seperti acara wisuda University of Chester , acara nobar film, installation art, dan berbagai hal lainnya. 

Saat Wisuda di Chester

7. Mengunjungi Town Hall dan Berbelanja di Chester Market

Town Hall terletak tepat di seberang Chester Cathedral. Bangunan ini dibangun dengan gaya Gothic Revival di tahun 1869. Saat ini digunakan sebagai tempat berbagai acara termasuk pernikahan. 

Chester Visitor’s Centre terletak di lantai bawah Town Hall.

Di belakang Town Hall terdapat Chester Market yang menjual berbagai hal yang merupakan produksi lokal mulai dari makan sampai barang-barang lainnya.

Tepat di sebelah Town Hall, terdapat sebuah shopping centre kecil dengan nama The Forum Shopping Centre. Ini tempat yang sangat penting karena saya dulu bekerja part-time di McDonald’s yang ada di Forum selama 2 tahun lebih dan sayangnya sekarang sudah tutup.

townhall

Yang Bisa Dikunjungi Kalau Ada Waktu Lebih

Sebenarnya cukup banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Chester tapi mengharuskan kita untuk menginap lebih dari 1 malam. Jika memang ada kesempatan, beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi :

  • Grosvenor Buildings (Grosvenor Museum, Grosvenor Bridge, Grosvenor Shopping Centre)
  • Chester Racecourse 
  • Cheshire Oaks Designer Outlet
  • Chester Zoo
  • The Ice Cream Farm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>