Seventeen

How it began?

So, it all started 6 years ago.

Salah satu sahabat saya adalah CARAT (nama fandom Seventeen). Selama bertahun-tahun dia sering banget randomly ngirim foto atau video member Seventeen. Sampai-sampai saya sudah apal dengan semua nama member Seventeen dan bahkan sebel banget dengan member yang namanya The8 karena…”Siapa juga sih yang namain dirinya The8??! Aneh banget sih?”.

Fast forward pertengahan 2022. Entah kenapa, content Seventeen jadi muncul banyak banget di timeline Instagram, Twitter bahkan Youtube saya. Saya sampai bercanda dengan sahabat saya itu “Lama-lama gw jadi Carat juga nih. Dihantui Seventeen dimana-mana!”.

Hati-hati dengan apapun yang kamu katakan deh. Karena akhirnya sayapun terjebak jadi suka Seventeen berkat the one and only The8! Yes, Xu Minghao. Member yang awalnya saya cela-cela itu.

Karena apa? Gak tau juga sih sebenernya. Tapi salah satu starting pointnya adalah karena scene-nya Minghao di MV HOT.

Plus tiba-tiba ada 1 episode Going Seventeen yang sering banget muncul di feed Youtube gw (Silakan ditonton episode “The8 and the 12 Shadows”).

Can I blame it all on algorithm that trapped me in the CARAT LAND? 

Concert Preparation

Setelah mengakui kepada dunia bahwa saya tertarik dengan Seventeen, tiba-tiba baru sadar bahwa mereka akan datang ke Indonesia lagi tanggal 28 Desember 2022. Saya tanya beberapa teman dan saudara yang memang Carat tapi tidak ada satupun yang berencana untuk nonton konser itu. Selain karena ada yang sudah nonton saat mereka ke Jakarta di bulan September 2022 tapi ada juga yang merasa tiket terlalu mahal.

Beberapa minggu saya hanya buka aplikasi Tiket.com cek harga per zona tapi kemudian ditutup lagi. Karena dilema apakah saya harus nonton atau tidak. Di satu sisi, saya baru suka begitu-begitu aja jadi kalau gak nonton ya gak terlalu masalah. Di sisi lain, takut nyesel. Apalagi ini konsernya di GBK Madya Senayan jadi lokasinya mudah dicapai.

Akhirnya tanggal 20 Desember 2022 saya beli tiket Tribune A2. Emang penyakit Fangirl, “lebih baik nyesel beli tiket daripada nyesel gak nonton”. Tapi karena Jakarta lagi hujan terus setiap hari (bahkan penonton diminta untuk membawa jas hujan atau payung), jadi beli yg Tribune duduk biar bisa nonton lebih santai dengan tertutup atap.

Mulailah persiapan konser saya lakukan :

  • Mengajukan cuti Natal/Tahun Baru
  • Cek setlist berdasarkan konser Seventeen di Bulacan, Philippines dan langsung bikin playlist di spotify. Paling tidak walaupun saya masih belum terlalu familiar dengan semua lagu Seventeen, saya familiar dengan semua lagu yang akan mereka bawakan di konser nanti.
  • Mulai nonton Going Seventeen dan acara-acara yang ada Seventeen biar tahu inside joke mereka
  • Saya juga mulai menonton Going Seventeen dan ini salah satu yang membuat saya benar-benar terjebak. Paling lemah emang saya dengan idol yang menarik di variety show (sama lah kayak awal suka sama ARASHI dan berbagai variety show absurd mereka)
  • Mengatur waktu untuk menukar tiket H-1 agar di hari H bisa datang mepet waktu konser karena memang numbered seated

Sampailah di H-1 konser. Pagi-pagi langsung dapat notifikasi di weverse yang isinya berita yang bikin cukup down karena ternyata bias saya, The8, tidak bisa ikut ke Jakarta karena sakit dan diminta dokter untuk istirahat. Padahal tujuan utama kan untuk nonton Minghao perform live.

Anyway, pagi itu saya lihat di instastory salah satu teman saya yang ternyata juga akan nonton. Dia sudah ada di lokasi dari pagi dan katanya sudah ramai sekali, sekitar 1000an orang antri. Akhirnya saya tetap ke Senayan, muter GBK Madya satu kali dan memutuskan untuk ngopi di Plaza Senayan saja. Gak jadi tuker tiket. 

Ternyata ini keputusan yang tepat karena ada banyak sekali yang bahkan harus mengantri sampai lebih dari 6 jam hanya untuk tukar tiket.

Concert D-Day

Karena tidak jadi tukar tiket H-1, jadi saya datang ke venue lebih cepat dari rencana yaitu sekitar jam 2 sore. Walaupun ramai sekali tapi tempat tukar tiket kosong banget. 

tempat penukaran tiket
Tempat penukaran tiket

Setelah tukar tiket, saya pergi ke Plaza Senayan dan bengong di Starbucks sambil nunggu waktu nonton. Sebenarnya jam 4 sore itu Seventeen akan soundcheck dan walaupun saya tidak beli tiket dengan benefit soundcheck tapi kalau tetap menunggu di luar venue maka bisa ikut dengar Seventeen soundcheck. Tapi berhubung hujan sejak pagi dan saya mager jadi mendingan duduk-duduk di Sbux saja.

Sekitar jam 5 sore saya kembali ke venue tapi memang nggak buru-buru karena tempat duduk nanti ada nomornya. Sebenarnya saya juga berniat beli Caratbong (penlight Seventeen) tapi ternyata sinyal di area venue jelek sekali jadinya saya nggak bisa buka internet banking. Emang mungkin disuruh ngirit LOL Tapi lumayan dibagiin kipas yang cukup berguna selama menunggu mulai karena bisa untuk menutup muka dari hujan. 


Kebetulan saya dapat nomor K103 di Tribune 2A jadi saya sudah pesimis saja dan mikir, “pasti dapet di atas belakang deh ini”. Karena saya lihat postingan orang yang tukar H-1 banyak yang dapat angka kecil. Jadi saya mikir bahwa saya akan dapat yang jauh dari panggung. Jadi begitu masuk venue, saya otomatis belok ke kiri dan bingung kenapa nomor di kursi malah semakin ke belakang semakin kecil. Ternyata lokasi tempat duduk saya tidak jauh dari Tribune 1A!

Panggung terlihat dari tempat duduk
Panggung terlihat dari tempat duduk

Entah kenapa saya akhirnya jadi ngobrol dengan orang di kanan kiri saya karena mereka juga nonton sendiri, bahkan ternyata ada beberapa yang duduk dekatan saya juga fansnya Minghao! Akhirnya kami meratapi nasib bersama karena Minghao tidak jadi datang. Sebagai seorang introvert yang pressured banget untuk basa basi, this was a huge accomplishment hahaha

Bersama beberapa Carat yang kenalan disana
Bersama beberapa Carat yang kenalan disana

Concert

  1. HOT
  2. March
  3. HIT
  4. Rock with you
  5. 2 MINUS 1 (Joshua & Vernon)
  6. MOONWALKER (Performance Team)
  7. Wave (Performance Team)
  8. Come to me (Vocal Team)
  9. Imperfect Love (Vocal Team)
  10. GAM3 BO1 (Hip Hop Team)
  11. Back it up (Hip Hop Team)
  12. CHEERS (Leaders)
  13. Mansae
  14. Left & Right
  15. AJU NICE
  16. Shadow
  17. Crush
  18. _WORLD

Encore

  1. Darl+ing – Holiday ver.
  2. Our dawn is hotter than day
  3. Snap Shoot
  4. AJU NICE

Sekitar jam 7 lebih konser dimulai dan langsung dibuka dengan HOT dan dilanjutkan dengan MARCH, HIT dan Rock with You. Part pembukaan ini digeber dengan lagu yang high tension banget. Walau hujan turun dengan deras, tapi SEVENTEEN dan CARAT tetap semangat banget! Salut banget liat CARATs yang di festival karena walau harus pakai jas hujan sepanjang konser tapi keliatan asik banget.

Setelah pembukaan yang impactful banget itu, dilanjutkan dengan unit performance yang diawali dengan duet Vernon dan Joshua dengan 2 MINUS 1 yang pas banget dinyanyikan ditengah hujan, apalagi lagunya sarat dengan nuansa teenage angsty yang lagi putus cinta. 

2 MINUS 1 - Shua
2 MINUS 1 - Vernon

Berikutnya giliran Performance Team yang membawakan 2 lagu yaitu MOONWALKER dan Wave. Walaupun as expected Hoshi, Dino dan Jun membawakan dengan indah, tapi tetap terasa kurang karena hanya bertiga tanpa Minghao.

Performance Team

Kemudian dilanjutkan dengan Vocal Team dengan lagu Come to me dan Imperfect Love. Gila sih ini, Imperfect Love di tengah hujan bikin makin baper. Apalagi pas penonton diajak nyanyi bersama di bagian chorus. Woozi, Jeonghan, DK, Seungkwan dan Joshua flawless banget nyanyi di tengah hujan yang terus mengguyur area Senayan.

Vocal Team - Shua
Vocal Team - Woozi

Setelah disuguhkan dengan lagu-lagu ballad yang indah dari Vocal Team, kita berlanjut ke Hip Hop Team yang membawakan GAM3 BO1 dan Back it up

Hip Hop Team - Mingyu
Hip Hop Team - Vernon

Unit performance terakhir adalah Leaders dengan Cheers! 3 leaders dari masing-masing unit keren banget lah as expected!

Cheers - Leaders

Setelah Unit Performance, Seventeen kembali dengan semua member dengan tsunagi warna merah dan membawakan Mansae, Left & Right dan Aju Nice. Di skit sebelum Mansae, Vernon sempat menyanyikan sedikit “Black Eye” lagu solonya yang baru saja rilis. 

Seventeen
Seventeen

Berikutnya mereka melanjutkan dengan sesi terakhir dengan Shadow, Crush dan _WORLD

Seventeen
Seventeen

Tentunya konser belum berakhir karena sekarang waktunya encore! Encore dibuka dengan Darl+ing yang sebenarnya untuk saya agak bikin sedih karena tidak ada Minghao yang menyanyikan part kesukaan saya. 

Seventeen

Lalu Seventeen duduk di tangga sambil menyanyikan Our dawn is hotter than day. Emang ya, semua kalau dinyanyikan di tengah hujan jadi semakin indah. 

Seventeen
Seventeen
Seventeen
Seventeen

Berikutnya dilanjutkan dengan Snap Shoot yang membuat suasana semakin meriah walaupun waktu sudah menunjukkan pukul *jam*. Member yang kali ini kebagian “memimpin” tarian di Snap Shoot adalah Wonwoo dan Hoshi.

Konser Seventeen belum lengkap kalau tidak ditutup dengan the neverending Aju Nice! Entah lagu ini dinyanyikan berapa kali! Semua penonton harus melompat, menari dan bernyanyi bersama. Bahkan Seungkwan kedapatan turun ke area penonton dan mencolek penonton yang diam tidak ikut melompat. 

Seventeen
Seventeen
  CARAT Indonesia juga mengadakan fanproject dimana fans diminta mengangkat banner dengan tulisan yang ditujukan untuk Seventeen sambil menyanyikan lagu Smile Flower.

Afterthought

22 lagu dalam 3 jam benar-benar nggak berasa! Bahkan saat kelar, saya sampai bingung sendiri “Lah? Udah?”. 

Salut banget dengan Seventeen dan Carat (terutama yang di festival) karena tetap bersemangat dan giving their 110% walaupun harus berhujan-hujanan sepanjang konser berlangsung!

Walaupun sedih belum berhasil nonton The8 secara langsung, tapi harus saya aku memang semua member Seventeen perform dengan sangat bagus. Tapi kalau disuruh milih 1 member yang menurut saya paling impactful, saya akan memilih Jun. Kaget banget sih nonton dia di panggung. Apalagi setiap Jun kebagian centre, langsung lupa yang lain dan jadi berasa nonton Jun & friends. 

…dan yang pasti, sebagai Janiwota, saya harus mengakui konser Seventeen ini keren banget. Jujur saya jadi agak takut. Karena selama ini saya selalu membandingkan konser KPOP yang pernah saya datangi dengan konser Johnny’s dan selalu merasa konser Johnny’s itu superior banget. Tapi setelah nonton Be The Sun ini…jadi agak takut. Johnny’s really need to up their game kalau gak mau kebalap sih.

Last but not least…I welcome my self deep into the Seventeen fandom after this concert! Where have I been? Why it took me years to finally be here? LOL

Ah and also…if you want to listen to the whole playlist of the song from the concert. Check here!